logo

Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

Video yang berisi tentang cara penyelesaian perkara ekonomi syariah dengan acara yang sederhana
Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

PAJPMobile

Aplikasi Android untuk informasi Info Status Perkara, Keuangan Perkara dan Jadwal Persidangan, dapatkan Kartu Layanan Perkara pada saat Pendaftaran Perkara
PAJPMobile

e-Court Mahkamah Agung RI

Adalah layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik
e-Court Mahkamah Agung RI

SMS PERKARA

Informasi SMS Perkara yang terintegrasi dengan SIPP dengan layanan Auto Reply
SMS PERKARA

APLIKASI - APLIKASI  PENDUKUNG

   

   

 

JAKARTA | (2/10/2018) Ketua Mahkamah Agung dan Wakil Menteri Luar Negeri telah melakukan kick off prosedur baru penyampaian dokumen panggilan/pemberitahuan bagi pihak berperkara yang berada di luar negeri,  Senin, 10 September 2018. Pasca kick off tersebut, berdasarkan pantauan terhadap Sistem Monitoring di Direktori Putusan, telah tercatat 10 transaksi pembayaran biaya penyampaian dokumen yang berasal dari 9  Pengadilan.

“Ini 9 pengadilan yang telah melakukan pembayaran biaya penyampaian dokumen menggunakan akun virtual: PA Jakarta Pusat (2 transaksi), PN Praya, PN Gianyar, PA Kudus, PN Sambas, PA Psarwajo, PA wonosari, dan PA Badung”, kata Panitera MA, Made Rawa Aryawan di Kantor MA, Jakarta, Selasa (12/10/2018).

Menurut Made Rawa, pembayaran biaya penyampaian dokumen ke luar negeri oleh pihak berperkara merupakan salah satu prosedur baru yang telah ditetapkan dalam Nota Kesepahaman antara MA dan Kemlu pada tanggal 20 Februari 2018 lalu. Prosedur baru lainnya adalah dokumen dikirim ke Panitera MA dengan alamat PO BOX 913 JAKARTA PUSAT.

“Jangan lupa pada sampul amplop ditulis nomor PKS MA dan PT. POS Indonesia”, tegas Panitera MA.

Terjemahan Dokumen

Panitera MA mengingatkan Pengadilan untuk menyediakan terjemahan resmi dokumen yang akan dikirimkan ke dalam bahasa Inggris atau bahasa negara setempat. Ruang lingkup dokumen yang dimaksud Panitera MA adalah: surat gugatan dan pemberitahuan isi putusan.

Biaya penerjemahan dokumen, kata Panitera MA, menjadi beban dari penggugat.

Tracking Pengiriman Dokumen

Pengadilan wajib menuliskan surat pengantar pada setiap amplop surat, dan setiap amplop surat hanya bersisi satu dokumen. Untuk setiap nomor surat pengantar tersebut oleh PT Pos Indonesia akan dibuatkan kode resi yang akan dipublikasikan di situs web Kepaniteraan MA. Kode resi tersebut dapat digunakan untuk mentracking dokumen. Kode resi yang disediakan oleh PT Pos Indonesia terdiri dari resi dalam negeri dan resi untuk kiriman luar negeri (EMS, express mail service) .

Pengiriman Via PO BOX

Dalam surat bernomor 1747/PAN/HK.01/8/2018 tanggal 8 Agustus 2018, Panitera MA mewajibkan pengadilan untuk menujukan surat penyampaian dokumen ke luar negeri ke PO BOX 913 JAKARTA PUSAT. Kebijakan penggunaan PO BOX tersebut dimaksudkan untuk mempercepat proses pengiriman dokumen.

“Dengan ditujukan ke PO BOX, maka surat akan langsung sampai ke Panitera MA tanpa proses alur birokrasi surat yang panjang”, pungkas Panitera MA. [an]

 

Sumber : https://kepaniteraan.mahkamahagung.go.id

  • Artikel
  • Kegiatan Hukum / Hasil Penelitian
  • Info Lain 1
  • Info Lain 2

Artikel Hukum

1. .....................

2. .....................

3. ......................

Artikel Lain

Kegiatan Hukum / Hasil Penelitian

1. ..............................

2. ..............................

3. ..............................

Kegiatan Hukum Lainya

Kreasi dari PA masing-masing

Kreasi dari PA masing-masing

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Jakarta Pusat

Jalan Rawasari Selatan No. 51 Kelurahan Rawasari Kecamatan Cempaka Putih

Kota Jakarta Pusat

Telp: 021-42802193, 42802210 

Fax: 021-42802307

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.