logo

Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

Video yang berisi tentang cara penyelesaian perkara ekonomi syariah dengan acara yang sederhana
Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

PAJPMobile

Aplikasi Android untuk informasi Info Status Perkara, Keuangan Perkara dan Jadwal Persidangan, dapatkan Kartu Layanan Perkara pada saat Pendaftaran Perkara
PAJPMobile

e-Court Mahkamah Agung RI

Adalah layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik
e-Court Mahkamah Agung RI

SMS PERKARA

Informasi SMS Perkara yang terintegrasi dengan SIPP dengan layanan Auto Reply
SMS PERKARA

ZONA INTEGRITAS (ZI)

Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) Dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)
ZONA INTEGRITAS (ZI)

DIRGAHAYU INDONESIA KE-74

DIRGAHAYU INDONESIA KE-74

APLIKASI - APLIKASI  PENDUKUNG

   

   

 

Pada Hari Senin, tanggal 22 Juli 2019 Badilag MA RI mengunjungi Pengadilan Agama Jakarta Pusat sebagai salah satu Pengadilan pilot project penerapan aplikasi inovasi Badilag. Dalam kesempatan tersebut, terdapat 9 (sembilan) aplikasi yang dijelaskan untuk diimplementasikan, yaitu:

1. Informasi Produk Pengadilan

Aplikasi ini berbasis website. Pengguna dapat membuka di laman https://info.aco.badilag.net/. Ada dua tahapan yang harus dilewati pihak berperkara untuk dapat menggunakan layanan ini: a. pihak melakukan registrasi dengan memasukkan NIK dan nomor handphone yang aktif, b. memasukkan kode verisikasi yang dikirimkan ke nomor ponsel.

 

 

2. Basis Data Terpadu Kemiskinan

Aplikasi ini dilandaskan pada keinginan untuk memudahkan pihak yang hendak berperkara prodeo, namun belum membawa dokumen kelengkapan sebagai persyaratan berperkara secara prodeo. Dalam mendevelop aplikasi ini, Badilag bekerjasama dengan TNP2K sebagai penyedia data kemiskinan.

Cara penggunaan aplikasi ini:

  1. Petugas membuka portal http://simtalak.badilag.net. Setelah masuk pada aplikasi, petugas memasukkan NIK pihak berperkara
  2. Jika nama pihak muncul, maka petugas mencetak dokumen tersebut sebagai bukti ketidakmampuan pihak secara ekonomi dalam mengajukan perkara prodeo.

3. Command Center

Satuan kerja memberikan dukungan prasarana teleconference, seperti: kamera, audio, dan menggunakan kabel bukan wifi.

4. e-Eksaminasi

Aplikasi ini dapat diakses melalui portal https://simtalak.badilag.net/login. E-Eksaminasi digunakan untuk basis database pimpinan Peradilan terhadap hakim Pengadilan Agama se-Indonesia. Aplikasi ini dapat diakses oleh masing-masing Hakim. Apabila jadwal Eksaminasi telah diumumkan oleh Badilag, Hakim bertugas mengupload Bundel A dan putusan dengan login memasukkan user dan password yang telah didaftarkan.

5e-Register

Untuk penjelasan mengenai pemasangan aplikasi dapat dilihat secara lengkap melalui di bagian Aplikasi e-Keuangan (installer aplikasi e-Register menjadi satu dengan installer aplikasi e-Keuangan).

6e-Keuangan

7e-PNBP

Pada modul aplikasi PNBP, ada 3 user yang memiliki hak akses, yaitu user kasir, bendahara penerimaan dan user admin. Untuk user kasir dan admin dapat menggunakan user dan password masing-masing pada aplikasi SIPP. Untuk user bendahara penerimaan dapat menggunakan user yang telah dibuatkan dengan username bendahara dan password PNBP. User admin hanya dapat mengakses menu pengaturan. User kasir dapat mengakses menu transaksi, menu pemindahbukuan dengan sub menu belum tervalidasi dan tervalidasi, dan juga menu K1PA. User bendahara penerimaan dapat mengakses menu pemindahbukuan dengan sub menu validasi, menu input billing dan juga menu K1PA.

8. Notifikasi Perkara

Versi android

  1. Pemohon mengunduh dan memasang aplikasi yang telah disiapkan di playstore atau melalui copy aplikasi dari petugas pengadilan.
  2. Setelah terpasang, Pemohon membuka aplikasi untuk kemudian melakukan pendaftaran akun dengan mencantumkan nomor handphone yang sama dengan saat pendaftaran perkara:
  3. Setelah melakukan pendaftaran nomor handphone di aplikasi, Pemohon akan diberikan notifikasi berupa sms melalui nomor telepon seluler terdaftar, sebagai kode OTP (one time password). Sebagai media verifikasi bahwa yang terdaftar merupakan nomor yang dimiliki oleh Pemohon.
  4. Proses pendaftaran handphone dan nomor telepon seluler selesai, Pemohon tinggal menunggu informasi dikirimkan melalui aplikasi dan nomor telepon seluler.
  5. Sistem akan memberikan notifikasi berupa informasi setiap tahapan jalannya perkara, mulai dari pra persidangan, persidangan dan pasca persidangan, termasuk informasi keuangan perkara.

Versi SMS

  1. Untuk mendapatkan notifikasi perkara melalui SMS, Pemohon harus mendaftarkan nomor handphone nya melalui petugas meja gugatan/ permohonan pengadilan pada saat pendaftaran.
  2. Proses pendaftaran nomor handphone sangat sederhana, yaitu dengan meminta nomor handphone para pihak, lalu mendaftarkan di aplikasi yang telah disediakan Ditjen Badilag di link https://info.aco.badilag.net/.

9. Antrian Sidang

Aplikasi ini berawal dari keresahan pimpinan akan lamanya pihak berperkara menunggu waktu sidang. Pimpinan peradilan menghendaki waktu tunggu sidang maksimal 1 jam. Untuk aplikasi ini, masih terus dalam pengembangan dan pembahasan untuk kelancaran dan penyempurnaan pelaksanannya.

 

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Jakarta Pusat

Jalan Rawasari Selatan No. 51 Kelurahan Rawasari Kecamatan Cempaka Putih

Kota Jakarta Pusat

Telp: 021-42802193, 42802210 

Fax: 021-42802307

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.