logo mahkamah agung website ramah difable

PENGUMUMAN SELEKSI PETUGAS LAYANAN POSBAKUM

Berdasarkan amanat Pasal 23 Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan. Pengadilan Agama Jakarta Pusat pada tahun anggaran 2018 akan menerima 1 (satu) Lembaga Layanan Pos Bantuan Hukum Pengadilan Agama Jakarta Pusat Tahun Anggaran 2018, dengan ini mengundang kepada lembaga masyarakat sipil penyedia advokasi hukum, unit kerja advokasi hukum pada organisasi profesi advokat dan lembaga konsultasi dan bantuan hukum Perguruan Tinggi, untuk mendaftar sebagai Lembaga Pemberi Layanan Posbakum Pengadilan Tahun 2018 di Pengadilan Agama Jakarta Pusat, yang memenuhi kriteria persyaratan sebagai berikut :
Read More...

Peringatan HUT Mahkamah Agung RI Ke 72 TH

Ketua Pengadilan Agama Jakarta Pusat Drs.H.Moch.Sukkri,SH.,MH.beserta Panitera dan Sekretaris, para Kasub.Bag. Panitera Pengganti dan JSP Pengadilan Agama Jakarta Pusat mengikuti upacara Peringatan HUT Mahkamah Agung RI ke 72 pada hari Sabtu, 19 Agustus 2017. Upacara diselenggarakan di Agrowisata Gunung Mas, Jawa Barat yang mengusung tema “Dengan Badan dan Jiwa yang Sehat, Kita Wujudkan Badan Peradilan Indonesia Yang Agung” dengan harapan dapat meningkatkan semangat jiwa dan raga aparat peradilan dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat pencari keadilan.
Read More...

Pelantikan Hakim Baru di Kantor PAJP

Bismillahirrahmanirrahim. Bertempat di ruang aula Pengadilan Agama Jakarta Pusat, Kamis (07/09/2017), telah dilaksanakan acara pelantikan Panitera Pengganti dan Hakim dan Pengadilan Agama Jakarta Pusat.
Read More...

Pelantikan Panitera Pengganti Pengadilan Agama Pusat

Acara yang dimulai tempat pada pukul 11.15 WIB dihadiri oleh Ketua PA Jakarta Pusat, Wakil Ketua PA Jakarta Pusat, Panitera PA Jakarta Pusat, Sekretaris PA Jakarta Pusat Ketua PA Jakarta Utara, Panitera PA Jakarta Utara Sekretaris PA Jakarta Utara, pejabat yang akan dilantik, rombongan pengantar PA Jakarta Utara, pejabat struktural dan fungsional PA Jakarta Pusat serta peserta undangan lainnya.
Read More...


Sarana :

Gambar 1 : Gedung Kantor Tampak dari Depan dan Belakang

Gambar 2 : Loby Depan dan Loby Lantai 1

 

 

 

Gambar 3 : Ruang Kerja Ketua dan Ruang Kerja Wakil Ketua


Gambar 4 : Ruang Aula Utama dan Ruang Rapat


Gambar 5 : Ruang Kerja Panitera dan Ruang Kerja Sekretaris

Gambar 6 : Ruang Kerja Hakim

Gambar 7 : Ruang Kerja karyawan / karyawati PA Jakarta Pusat

 

Prasarana :

Prasarana Kantor yang menunjang dan mendukung Pengadilan Agama Jakarta Pusat untuk memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada para pencari keadilan. Pengadilan Agama Jakarta Pusat memiliki fasilitas utama dan fasilitas pendukung yang berintegrasi dan mempermudah Para Pencari Keadilan untuk melakukan proses pengajuan perkara, berupa :

  • Lahan Parkir yang luas, dimana terbagi atas lahan parkir khusus untuk karyawan terdapat pada basemnet dan lahan parkir untuk para Pencari Keadilan di halaman belakang kantor,
  • Ruang Tunggu dan Meja Informasi dimana Petugas selalu stand by memberikan pelayanan dan memberikan informasi yang sebanyak-banyaknya kepada masyarakat yang membutuhkan.
  • Ruang Mediasi untuk melakukan mediasi kepada para pihak pencari keadilan, dimana di bantu oleh Hakim Mediator yang berkompetent dan telah besertifikat mediator.
  • Pelayanan Posbantuan hukum, PT POS dan Bank BNI Syariah yang memudahkan masyarakat untuk melakukan transaksi pembayaran biaya panjar perkara dan membuat surat gugatan.
  • Meja Pendaftaran, Meja Pengambilan Putusan dan Akta Cerai
  • serta Ruang Sidang dan Musholah.
  • selain itu kepada para penyandang disabilitas / penyandang cacat diberikan fasilitas khusus juga ole Pengadilan Agama Jakarta Pusat.

   

 

Pengadilan Agama Jakarta Pusat didalam mengimplementasikan visi dan misinya telah menetapkan tahapan-tahapan rencana terutama mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) yang ditetapkan dalam ima tahun ke depan dan bentuk Rencana Strategik Pengadilan Agama Jakarta Pusat yang untuk tahap pertama telah ditetapkan Renstra dari tahun 2009 s.d. tahun 2014. Analisis Strategik digunakan metode SWOT yaitu analisis kekuatan, kelemahan , peluang dan tantangan, sehingga menghasilkan rumusan berangkat dari visi dan misi yang telah ditetapkan.

Rencana Stategik adalah merupakan pemaparan tujuan, sasaran dan cara mencapai tujuan dan sasaran yang di jabarkan dengan kebijakan dan program kegiatan. Selanjutnya Renstra Pengadilan Agama Jakarta Pusat Tahun 2009 - 2010 dapat diformulasikan dalam table sebagai berikut:

       

 

Kode Etik Pegawai Negeri Sipil

 

 

Kode Etik Panitera dan Jurusita

Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara